22 Oktober 2009

xMax, Jawaban Teknologi Wireless?

Teknologi wireless terbaru, xMax, saat ini sedang mendapat perhatian karena dianggap sebagai tonggak perkembangan teknologi WiMax dan wireless 3G. xMax dianggap sebagai jawaban untuk masalah konsumsi daya dan kecepatan transmisi.

Hal besar yang ingin dilayani teknologi WiMax dan ponsel 3G adalah pengiriman data ke tempat yang jauh, dengan kecepatan tinggi dan irit baterai. Konsepnya terkesan sederhana, tapi ada perbandingan terbalik yang berlaku antara kapasitas atau kecepatan jaringan, dan jarak serta konsumsi daya. Semakin tinggi kecepatannya maka semakin pendek jarak transmisi. Kecepatan tinggi untuk jarak yang jauh berarti megeluarkan lebih banyak energi, yang diambil dari baterai.
"Konsumsi daya adalah masalah utama dalam aplikasi mobile." ungkap Craig Mahias, Kepala Farpoint group, spesialis konsultasi wireless dan teknologi mobile. "Semakin lama anda dapat menjaga baterai, semakin bernilai teknologi tersebut. Dengan mengontrol konsumsi daya maka anda dapat melakukan banyak aplikasi pada peralatan mobile."

Di teknologi wireless, WiMax dideskripsikan sebagai Wi-Fi yang mempunyai jarak hingga 30 mil dan dapat memfasilitasi jaringan broadband berkecepatan 75 mbps. Tetapi saat ini, konsumsi daya merupakan masalah dalam pengguna WiMax, sehingga tidak dapat diimplementasikan pada produk seperti Laptop, dan ponsel. Platform xMax lalu muncul, dengan keunggulan yang diharapkan mampu menjawab kelemahan pada teknologi wireless sebelumnya.

Bagaimana xMax bekerja? xMax menggunakan teknik modulasi yang didesain untuk memungkinkan data dikirimkan pada gelombang tunggal, ini berbeda dengan teknologi modulasi biasa. Jadi dengan menggunakan 10.000 gelombang untuk mengirimkan satu bit data, xMax menggunakan rasio 1:1. Teknik ini akan menjadi efisien dan menjaga tingkat energi yang menerima sinyal tidak akan menguras daya.

Untuk mengatasi masalah jarak, xMax menggunakan frekuensi channel berdaya pancar sub-gigahertz. Frekuensi ini dapat menghindari ganguan yang diakibatkan berbagai penghalang seperti tembok atau pohon. Kekurangannya, frekuensi di bawah 1GHz dinilai kecil, sehingga menimbulkan kesulitan dalam mengirimkan data yang besar.

Untuk memecahkan masalah ini Joe Bobier, penemu xMax, mengembangkan teknologi yang dapat memecah transmisi radio menjadi banyak channel. Gelombang pendek sub-GHz dapat digunakan untuk membuat dan mengkoordinasikan sinyal penerima dan pengirim. Dan karena tingkat daya sangat rendah, data dapat dikirimkan melalui channel yang berdekatan yang membawa data dari peralatan lain.
(Official Bloedus)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Dalam hati terucap doa Ingin segera bertemu Begitu ada kesempatan Tak ku lewatkan begitu saja Langkahku semakin cepat Sungguh ku ingin segera bertemu Dengan kekasihku yang adalah kamu Tak ku hiraukan meski malam begitu pekat Sekian lama berpisah Membuatku begitu rindu padamu Setiap malam berharap sendiri Ingin segera bertemu Kalau saja waktu itu sayapku tak patah Pasti ku kan terbang menuju kehangatan pelukanmu