22 Oktober 2009

Flash 8 Fokus pada Kemampuan Video


Macromedia berniat mengeluarkan software Flash 8, sedianya awal bulan Agustus ini. Software teranyar ini nantinya akan menitikberatkan kepada kemampuan video yang disinyalir mampu masuk ke pasar web video.

Flash, pada awalnya merupakan aplikasi untuk membuat animasi pada situs. Kini telah muncul sebagai salah satu pemain potensial dalam membangun aplikasi berbasis web yang lumayan ditakuti kompetitornya. Bahkan, Macromedia secara resmi telah menetapkan software-nya sebagai platform untuk pengembangan aplikasi.
Yang menjadi daya tarik Flash 8 ini adalah kemampuan video compression format-nya. Ini tentu saja akan membuat Microsoft Windows Media kebat-kebit. Termasuk format RealNetworks-nya Real dan QuickTime-nya Apple.

"Versi teranyar ini mengalami banyak perkembangan yang cukup signifikan," papar Tim Bajarin, analis Creative Strategies seperti dilansir CNET News(1/8/2005).

Macromedia sendiri berjanji akan menyertakan perubahan besar di Flash 8 nanti. Dan kebanyakan orang sudah menebak kalau arah tertuju ke kemampuan video. Pada dasarnya, Flash 8 menampilkan kode baru dan teknologi On2 dari VP6. Macromedia dan VP6 mengklaim Flash 8 kali ini akan membawa perubahan yang dramatis dibanding Flash 7.

Flash 8 ini juga akan melengkapi software-nya dengan alpha transparency yang memungkinkan penulis dapat mengkombinasikan Flash video dengan teks, grafik vektor dan elemen-elemen lain dari Flash.

Apa kata Microsoft?

Sebagai pertahanan, Microsoft mengatakan software dengan Windows Media Player keluarannya dapat melakukan banyak hal yang tidak dapat dilakukan Flash. Microsoft mengemukakan 15 layanan kontennya. Seperti media library untuk manajemen konten, alat sinkronisasi dan kemampuan CD burning.

Macromedia dalam hal ini tidak banyak mengeluarkan argumen akan pernyataan yang dikeluarkan perusahaan lain mengenai Flash dan Windows Media, karena memang target pasar-nya berbeda.

Flash video lebih ditujukan untuk segmen pasar web video dan file video yang akan disertakan ke halaman situs. Sementara Windows Media lebih mengkhususkan pada mereka yang butuh pelayanan downloadable video dan film yang berdurasi panjang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Dalam hati terucap doa Ingin segera bertemu Begitu ada kesempatan Tak ku lewatkan begitu saja Langkahku semakin cepat Sungguh ku ingin segera bertemu Dengan kekasihku yang adalah kamu Tak ku hiraukan meski malam begitu pekat Sekian lama berpisah Membuatku begitu rindu padamu Setiap malam berharap sendiri Ingin segera bertemu Kalau saja waktu itu sayapku tak patah Pasti ku kan terbang menuju kehangatan pelukanmu