22 Oktober 2009

Membuat Template Desain Sendiri


PowerPoint mempunyai galeri template desain yang bisa dipilih, tetapi Anda juga bisa membuat template sendiri dan memasukkannya ke task pane Slide Design.


1. Buka Presentasi Kosong
Mulailah dengan desain kosong, kemudian berikan elemen-elemen seperti latar dan susunan warna, style font, layout, dan gambar. Oleh karena itu, pada toolbar Standard, klik New. Jika toolbar tersebut atau toolbar lain yang berikutnya disebutkan pada langkah di sini tidak ada, pada menu View, pilih Toolbars, dan kemudian klik toolbar yang ingin Anda tampilkan. Pindahlah ke master view dengan memilih Master pada menu View, dan kemudian klik Slide Master. Lakukan perubahan yang Anda inginkan pada slide master.
 
2. Ubah Latar dan Susunan Warna
Untuk mengubah latar, pada menu Format, klik Background, tentukan pilihan pada kotak dialog, dan kemudian klik Apply. Jika Anda telah memasukkan title master dan juga ingin memberlakukan perubahan kepadanya, klik Apply to All. Untuk mengubah susunan warna, pada menu Format, klik Slide Design, dan kemudian, pada task pane Slide Design, klik Color Schemes. Susunan warna yang saat itu sedang digunakan akan dipilih. Klik susunan warna yang akan digunakan.

3. Ubah Font
Jika ingin mengubah susunan warna, klik Edit Color Schemes pada bagian bawah task pane, dan kemudian lakukan perubahan yang Anda inginkan. Untuk mengubah font atau opsi font yang lain, klik teks atau placeholder yang berisi teks (misalnya footer). Pada menu Format, klik Font, dan kemudian lakukan perubahan yang Anda inginkan pada kotak dialog Font. (Catatan: Anda bisa mengubah warna font untuk judul dan badan teks sebagai bagian dari susunan warna.)

4. Ubah Shape dan Placeholder
Untuk memasukkan gambar atau menambahkan suatu shape atau kotak teks, gunakan tombol pada toolbar Drawing. Untuk memindahkan placeholder, klik placeholder untuk memilihnya, dan kemudian arahkan pointer ke pinggir placeholder. Pada waktu pointer menjadi panah empat arah, seret placeholder ke lokasi yang baru. Untuk mengubah ukuran placeholder, pilih placeholder, dan kemudian arahkan pointer ke sizing handle. Pada waktu pointer berubah menjadi panah dua-arah, seret sizing handle.

5. Simpan Template
Jika Anda ingin slide tambahan menjadi bagian template ini, klik tombol Normal View di sebelah kiri bawah jendela, dan kemudian masukkan slide dan teks yang Anda inginkan. Pada menu File, klik Save As. Pada kotak File name, ketikkan nama untuk template Anda, dan kemudian, pada kotak Save as type, klik Design Template. Klik tombol Save. Template disimpan ke folder Template. (Ini merupakan folder yang PowerPoint gunakan secara default pada waktu Anda memilih Design Template sebagai jenis file pada kotak dialog Save As).

6. Restart PowerPoint
Setelah Anda keluar dan me-restart PowerPoint, template tersedia pada task pane Design Template di bawah Available For Use yang ditampilkan secara alfabet berdasarkan nama file. Selain itu, setelah Anda menggunakan template tersebut, menyimpan presentasi, dan me-restart PowerPoint, template muncul pada task pane New Presentation (menu File, New) di bawah Recently used template. Template yang baru saja Anda bisa digunakan ke semua slide atau slide tertentu, dan Anda bisa menggunakan beberapa tipe template desain dalam satu presentasi.

Template desain merupakan file yang berisi style dalam presentasi, yang meliputi style dan ukuran bullet dan font; ukuran dan posisi placeholder; model latar dan susunan warna; slide master dan title master.) Microsoft PowerPoint menyediakan template desain yang dapat Anda gunakan pada presentasi supaya terlihat indah dan profesional. Pada waktu Anda menggunakan template desain, slide master untuk template tersebut dimasukkan ke presentasi Anda. Jika Anda menggunakan template yang berbeda ke semua slide Anda, slide master yang lama akan digantikan oleh master pada template yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Dalam hati terucap doa Ingin segera bertemu Begitu ada kesempatan Tak ku lewatkan begitu saja Langkahku semakin cepat Sungguh ku ingin segera bertemu Dengan kekasihku yang adalah kamu Tak ku hiraukan meski malam begitu pekat Sekian lama berpisah Membuatku begitu rindu padamu Setiap malam berharap sendiri Ingin segera bertemu Kalau saja waktu itu sayapku tak patah Pasti ku kan terbang menuju kehangatan pelukanmu